Sumber Tinjauan Pustaka


Bahan-bahan tinjauan pustaka dapat diambil dari berbagai sumber, seperti buku teks, jurnal penelitian, tesis dan skripsi, buletin, terbitan-terbitan resmi pemerintah dan lembaga-lembaga lain dan internet.

1. Buku Teks
Direktorat Pendidikan Menengah Umum (2004:3) menyebutkan bahwa buku teks atau buku pelajaran adalah sekumpulan tulisan yang dibuat secara sistematis berisi tentang suatu materi pelajaran tertentu, yang disiapkan oleh pengarangnya dengan menggunakan acuan kurikulum yang berlaku. Substansi yang ada dalam buku diturunkan dari kompetensi yang harus dikuasai oleh pembacanya (dalam hal ini siswa). Buku teks masuk dalam katagori buku referensi yang mengandung makna sumber acuan, rujukan, atau petunjuk. 

2. Jurnal Penelitian
Jurnal penelitian adalah majalah ilmiah yang berisi hasil-hasil penelitian dan pertemuan ilmiah (misalnya seminar) yang diterbitkan oleh himpunan profesi ilmiah. Jurnal ini berisi lebih dari satu artikel yang merupakan hasil karya para pakar dan ilmuwan. Misalnya jurnal penelitian yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

3. Tesis, Skripsi dan Disertasi
Skripsi, Tesis, dan Disertasi adalah karya tulis ilmiah yang disyaratkan untuk lulus pendidikan jenjang S-1, S-2 dan S-3. Teknik penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi pada dasarnya adalah sama, yang berbeda adalah tingkatan yang makin tinggi. Semakin tinggi tingkatannya, dibutuhkan senakin banyak data-otentik dan teori-teori yang harus dirujuk sebagai dasar penelitian. Perbedaan lainnya adalah cara menyajikan mulai dari hanya mendeskripsikan suatu obyek penelitian sampai dengan menghasilkan suatu teori berdasarkan fakta-fakta empiris.

4. Buletin
Buletin adalah tulisan ilmiah pendek yang terbit secara periodik yang berisi catatan-catatan ilmiah atau petunjuk ilmiah tentang satu kegiatan operasional yang diterbitkan suatu organisasi atau kelompok profesi tertentu.

5. Situs Internet 
Materi untuk tinjauan pustaka juga bisa diperoleh dari situs internet.  Mencari informasi ilmiah secara online mempunyai beberapa keuntungan, yaitu tersedia lebih banyak informasi yang dapat dipilih, informasi lebih mutakhir daripada literatur dari media cetak, dan hasilnya sudah berupa tulisan yang bisa langsung dipakai atau di edit sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar