Halaman Abstrak

Abstrak dalam penulisan karya ilmiah merupakan intisari dari seluruh isi laporan hasil penelitian. Pembaca dapat dengan mudah dan cepat memperoleh informasi tentang isi keseluruhan karya tulis apabila membaca abstrak dari sebuah karya ilmiah.

Kata “abstrak” ditulis di tengah halaman dengan huruf kapital. Nama penulis diketik dengan jarak 2 spasi dari kata abstrak, sedangkan judul ditulis dengan huruf kecil (kecuali huruf pertama pada setiap kata) cetak miring (italic) dan diakhiri dengan tanda titik. 

Beberapa isi yang harus disajikan dalam abstrak antara lain:
  1. Alasan melakukan penelitian dan mengambil judul penelitian. Bagian ini bisa diambil dari latar belakang yang mewakili latar belakang, atau kalimat yang merupakan bagian utama dari latar belakang, bisa satu atau dua paragraph yang digabung jadi satu)
  2. Menuliskan metode penelitian mulai dari desain penelitian, populasi, sampel, sampling, variabelnya apa, metode pengumpulan data, alat ukurnya dan metode analisa data yang digunakan. Bagian ini dapat diambil dari bab metode penelitian, disesuaikan dengan urutan sub bab-nya.
  3. Menuliskan hasil utama dari penelitian yang telah dilakukan. Bagian ini dapat diambil dari bab hasil penelitian, namun tidak semua hasil yang harus diungkapkan dalam abstrak tetapi cukup rangkuman yang mendekati kesimpulan.
  4. Menuliskan kesimpulan dari hasil penelitian dan analisa data. Bagian ini dapat di copy dari bab penutup yang berupa kesimpulan.
  5. Secara umum ditulis satu spasi, satu paragraf, dengan jumlah kata sekitar 200 sampai dengan 250 kata atau maksimal satu halaman.

Contoh Abstraksi dapat di lihat di sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar