Skip to main content

Tentang Saya

Ruswanto, S.Pd.
Guru Bilogi SMA Negeri 1 Purbalingga

Visi yang saya pegang teguh dalam hidup dan kehidupan sebagai guru SMA adalah “Menjadi Diri Sendiri Untuk Menjadi Yang Terbaik”. Menjadi diri sendiri artinya Saya akan menjadi seperti yang Saya inginkan, tidak sama dengan seseorang atau mirip seseorang. Banyak tokoh panutan dalam hidup Saya, tetapi Saya tidak ingin menjadi seperti tokoh-tokoh panutan Saya tersebut, Saya hanya mengadopsi hal-hal yang Saya pikir positif dan sesuai dengan karakter Saya. Dengan demikian, Saya berharap  bisa menjadi yang terbaik.

Misi saya untuk mewujudkan visi tersebut adalah “Melakukan Yang Terbaik Untuk Menjadi Yang Terbaik Selalu Dimulai dari Diri Sendiri”.Langkah-langkan untuk mewujudkannya antara lain melakukan menjadi manusia diatas rata - rata untuk selalu unggul dan luar biasa.Tidak perlu untuk merubah orang lain, tapi harus mulai merubah diri untuk lebih baik dan menjadi yang terbaik.Tidak ada waktu bagi untuk berhenti belajar dan berintrospeksi diri. Berubah dan berubahlah. Tidak takut berubah untuk kehidupan yang lebih baik, walau itu mengandung resiko. Menyadari kesalahan dan mau memperbaiki, itulah kebijaksanaan.


Comments

  1. Alhamdulillah beruntung dapat berkunjung ke rumah maya Pak Ruswanto, guru kreatif yang hebat. Selamat ya Pak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas kunjungannya, mari kita terus jalin silaturahmi untuk memperkaya khasanah ilmu untuk kemajuan negeri ini.

      Delete
  2. Perjuanganmu dari dulu memang tak kenal lelah dan menyerah, demi kemajuan negeri ini kami tunggu gebrakan yang lebih hebat lagi, SELAMAAAAAAT....PAK ROES

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Naskah Juara LP3i Hadiah Umrah Tahun 2014

PENDIDIKAN ENTREPRENEUR “Suatu Alternatif Menggagas Paradigma Baru Membangun Sistem Pendidikan dan Konsep Pemikiran Pengentasan Pengangguran di Indonesia” Oleh: Ruswanto, S.Pd Seandainya temanku membaca tulisan ini, kuharap tidak mencela. Sebagaimana teman yang masih ingin terus menghantarkan anak negeri meraih berjuta prestasi.Aku memainkan kayboard ini dengan gemetar. Coba bayangkan konsep pemikiran inovatif “ MEMBANGUN SISTEM PENDIDIKAN & KONSEP PEMIKIRAN PENGENTASAN PENGANGGURAN” ini akan dijadikan penilaian atas usaha saya selama 14 tahun menjadi guru. Ikutilah perjalanan tulisan ini dengan tekun tanpa mengedipkan mata!

Menjadi Guru yang Dirindukan Anak-anak

“Dipundakmu anak negeri bertumpu” tidaklah berlebihan, jika kalimat ini sebagai pembuka dalam makalah ini. Sebab, dari sosok seorang gurulah peserta didik membayangkan masa depannya, mencanangkan sebuah impian hidupnya, dan melihat jauh ke angkasa, terbang setinggi langit laksana anak panah yang lepas dari busurnya. Masa depan bangsa ini ditentukan oleh kader-kader muda bangsa, sedangkan penanggung jawab utama masa depan mereka berada di pundak guru. Sebab guru yang langsung berinteraksi dengan peserta didik dalam membentuk kepribadian, memberikan pemahaman, mengembangkan imajinasi dan cita-cita, membangkitkan semangat dan menggerakan kekuatan mereka.

Rangkul Nak I JUARA Kompetisi Video KemenKominfo SMAN 1 Purbalingga

Ilmu akan memberimu kecerdasan, tapi akhlak akan memberimu kehormatan. Di sekolah lah sejatinya kedua hal ini bisa kita dapatkan. Kita tercipta dari satu esensi. Ketika satu organ tubuhmu sakit, maka organ lain ikut merasakan pedihnya. Begitupun dalam hidup, jika kita acuh terhadap penderitaan orang lain, maka kita belum layak disebut manusia.  "Anak-anakku, bertemanlah dengan siapapun, jabat tangan mereka dengan hangat, berikan senyuman terbaikmu, dan RANGKUL-lah pundak mereka.”